Penyelengaraan UN 2012 Tidak Banyak Berubah

6 01 2012

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sistem penyelenggaraan Ujian Nasional 2012 tidak akan banyak mengalami perubahan dibanding 2011. Namun, penyelenggara berkomitmen untuk meningkatkan kredibilitas pelaksanaannya. “Komitmen pada penyelenggaraan kali ini adalah melaksanakan ujian nasional (UN) dengan baik atau kredibel,” kata Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan Djemari Mardapi saat Sosialisasi Penyelenggaraan UN di Yogyakarta, Rabu (28/12).

Menurut dia, salah satu perbedaan dalam penyelenggaraan UN 2012 dibanding UN tahun sebelumnya adalah pada aspek penggandaan soal untuk UN tingkat SMP dan SMA yang kini dilakukan penyelenggara tingkat pusat bersama daerah. Dengan demikian, lanjut dia, rencananya akan dipilih daerah yang menjadi pusat penggandaan soal baru kemudian soal didistribusikan ke masing-masing sekolah.

“Tetapi, region yang menjadi tempat pelaksanaan penggandaan soal belum dipilih. Masih perlu ada koordinasi lebih lanjut, termasuk bagaimana nanti distribusi soalnya,” katanya.

Soal akan tetap dicetak dalam lima versi untuk menghindari adanya kecurangan saat UN atau masih sama seperti pelaksanaan tahun sebelumnya. “Meskipun dibuat dalam lima versi, tetapi kelimanya memiliki tingkat kesulitan yang setara. Yang pasti, kelima seri soal tersebut tidak hanya dicetak dengan membolak-balik nomornya, tetapi memang benar-benar soalnya berbeda satu sama lain,” katanya.

Untuk kriteria nilai menentukan kelulusan seorang siswa dari satuan pendidikan SMP dan SMA atau sederajat adalah berdasarkan perhitungan nilai ujian nasional dan nilai sekolah yang kemudian disebut nilai akhir. Nilai akhir dihitung dengan rumus 0,6 nilai UN ditambah 0,4 nilai sekolah. Siswa dinyatakan lulus apabila rata-rata nilai akhir paling rendah adalah 5,5 dengan nilai akhir mata pelajaran paling rendah 4,0.

“Untuk kriteria kelulusan SD langsung ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan melalui rapat dewan guru,” katanya.

Menurut dia, UN untuk tingkat SMA/MA rencananya akan dilaksanakan pada 16-19 April 2012 dengan ujian susulan pada 23-26 April 2012. Sedang SMA LB dilakukan pada 16-18 April dengan ujian susulan 23-25 April. Di tingkat SMP/MTs, UN akan dilaksanakan 23-26 April 2012 dengan UN susulan 30 April hingga 4 Mei. Sedangkan UN tingkat SD/MA akan dilakukan 7-9 Mei dengan ujian susulan pada 14-16 Mei.

Pengumuman kelulusan untuk tingkat SMA/MA akan dilakukan pada 26 Mei 2012, tingkat SMP/MTs 2 Juni 2012 dan tingkat SD 4 Juni.

Saat ini, hasil UN di tingkat SMA/MA belum dapat digunakan sebagai bekal masuk perguruan tinggi. “Ada universitas yang sudah menggunakan hasil UN sebagai ujian masuk mandiri yaitu Universitas Negeri Padang (UNP),” katanya.

Sejumlah perguruan tinggi yang sudah berencana memasukkan nilai UN sebagai salah satu bobot nilai masuk di antaranya adalah ITB, Unesa dan Universitas Negeri Medan. “Tetapi, itu belum terlaksana,” katanya.(Ant/BEY)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: