Arthur Arden : Peraih Nobel Kimia 1929

31 12 2011

Arthur Arden dilahirkan di Manchester, Inggris pada tanggal 12 Oktober 1865. Dia masuk ke The Owens College di University of Manchester pada 1882 dan lulus pada tahun 1885 dengan mendapatkan penghargaan tingkat pertama dalam bidang kimia. Pada tahun 1886, dia mendapatkan beasiswa Dalton di bidang kimia yang mengizinkannya untuk menghabiskan waktunya selama 12 bulan pada rentang 1887-18888 untuk bekerja bersama Otto Fischer di Erlangen, Jerman. Dia kembali ke Manchester sebagai dosen sampai tahun 1897. Kemudian, dia ditetapkan sebagai ahli kimia pada lembaga yang baru didirikan yaitu British Institute of Preventive Medicine, yang kemudian berubah menjadi Lister Institute. Pada tahun 1907, di ditunjuk sebagai kepala departemen Biokimia, sebuah posisi yang dia pegang sampai pensiun pada tahun 1930. Dia memperoleh gelar Profesor Emeritus di bidang kimia dari University of London pada tahun 1912. Dia melanjutkan penelitian ilmiahnya pada institusi ini sampai masa pensiunnya.

Dia mempelajari tingkah laku cahaya pada campuran karbon dioksida dan klor. Dia menerapkan metode ini untuk menyelidiki fenomena biologis termasuk didalamnya tingkah laku bakteri secara kimiawi dan fermentasi alkohol. Dia memperlajari penghancuran glukosa dan sifat kimia sel ragi. Sifat kimia dari fermentasi gula dengan menggunakan jus ragi yang dipelajarinya memberikan pengetahuan lanjutan mengenai proses metabolisme perantara pada semua bentuk kehidupan. Dia juga memberikan kontribusi pada bidang kajian vitamin melalui serangkaian tulisannya mengenai vitamin antiskorbutik dan antineuritik pada makanan dan minuman.

Bersama dengan W. M. Bayliss, dia bekerjasama sebagai editor the Biochemical Journal dari tahun 1913 sampai 1938. Dia juga merupakan penulis Alcoholic Fermentation, A New View of the Origin of Dalton’s Atomic Theory, dan Chemistry for Advanced Studies (bersama H.E. Roscoe), Inorganic Chemistry for Advanced Students, dan An Elementary Course of Practical Organic Chemistry (bersama F.C. Garrett).

Pada tahun 1926 dia memperoleh gelar bangsawan. Dia menperoleh gelar doktor kehormatan bidang sains dari University of Athens dan doktor kehormatan di bidang Hukum dari University of Manchester dan University of Liverpool. Pada tahun 1909, dia menjadi anggota The Royal Society dan memperoleh Davy Medal pada tahun 1935. pada tahun 1929, dia meraih Nobel Prize di bidang kimia bersama Hans Euler-Chelpin untuk penelitian mereka mengenai fermentasi gula dan fermaentasi enzim.

Dia menikahi Georgina Sydney Bridge pada tahun 1900 dan mereka tidak mempunyai anak. Istrinya meninggal pada Januari 1928 dan dia sendiri meninggla pada 17 Juni 1940 di rumahnya di Bourne End, Buckinghamshire, Inggris


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: